Kompetensi Lulusan Metode Pembelajaran dan Penilaian
A. Kompetensi Utama

  1. Kognitif (Knowledge)
    1. Kemampuan memahami dan menerapkan pengetahuan tentang fakta-fakta dasar, konsep, prinsip-prinsip dan teori ilmu ekonomi yang terkait untuk memecahkan permasalahan tentang ekonomi regional dan  aset, entrepreneur serta mampu mengkomunikasikan secara baik dan benar
  2. Psikomotorik (Skills)
    1. Mampu mengamati dan mengukur indikator ekonomi makro dengan cara mengoperasikan alat-alat analisis ekonomi.
    2. Mampu merencanakan, mendesain dan melakukan penelitian ekonomi regional, aset dan entrepreneur sejak pengenalan masalah, analisis hingga evaluasi hasil yang diperoleh. Kemampuan ini meliputi juga pemilihan data, teknik dan prosedur yang sesuai.
  3. Afektif (Attitude)

Memiliki  watak dan kepribadian sebagai insan akademik dan sosial yang  beretika dan menjunjung nilai-nilai islami serta mampu menghadapi tantangan di masa depan dalam lingkungan global yang dinamis.

Penilaian

Penilaian dilakukan melalui kombinasi tes formatif, ujian mid semester, dan ujian akhir semester. Praktikum dan tugas mandiri/ kelompok dinilai melalui laporan tertulis dan   presentasi kelas.

B. Kompetensi Pendukung

  1. Ketrampilan berkomunikasi secara lisan dan tulisan menggunakan bahasa nasional dan atau internasional dengan baik dan benar.
  2. Ketrampilan dalam memperoleh dan memanfaatkan informasi baik primer maupun sekunder.
  3. Ketrampilan mengolah data dan mempresentasikannya, termasuk dalam menggunakan multimedia berbasis Teknologi Informasi.
  4. Kemampuan merencanakan, melaksanakan, melakukan monitoring dan mengevaluasi serta memperbaharui secara berkelanjutan cara-cara kerja yang efektif dan efisien baik secara individu maupun kelompok.
Pembelajaran

Aktifitas pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk perkuliahan, tugas mandiri/kelompok, studi kasus, dan praktikum. Mahasiswa mendapatkan arahan dan latihan terbimbing melalui praktikum dan tugas-tugas mandiri lainnya atau pengembangan proyek berskala kecil.

Penilaian

Penilaian dilakukan melalui kombinasi tes formatif, ujian mid semester, dan ujian akhir semester. Praktikum dan tugas mandiri/ kelompok dinilai melalui laporan tertulis dan   presentasi kelas.

C. Kompetensi Khusus

  1. Memiliki kemampuan melakukan komunikasi  yang efektif dan bekerja sama dalam tim.
Fasilitas pembelajaran didukung dengan perangkat TIK secara umum untuk aktifitas perkuliahan dan praktikum. Browser dan mesin pencari digunakan untuk menemukan bahan-bahan pembelajaran secara mandiri. Mahasiswa memiliki kesempatan yang setara untuk bekerja dalam kelompok dan mempresentasikan dalam kelompoknya atau sivitas akademik lainnya.