Business Plan
Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan mengadakan lomba Business Plan dengan Tema “Membangun Jiwa Wirausaha yang Kreatif Dan Inovatif untuk Mewujudkan Kemandirian Perekonomian Indonesia”. Sasaran atau target peserta lomba ini mahasiswa bukan hanya tingkat Fakultas Ekonomi dan Bisnis, tetapi untuk mahasiswa se-UAD. Jadi diharapkan seluruh mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan dapat mengasah kemampuannya dalam berkompetisi dibidang bisnis. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 30 November 2019. Yang diikuti oleh 6 kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas 3 anggota. Berikut nama-nama kelompok pemenang lomba Business Plan;
- Juara pertama
Judul Proposal: Es Jaguar
Nama Kelompok: Viant Anggi Saputra, Tria Tata Islami, Putriani Savitri.
- Juara Kedua
Judul Proposal: Jogja Cycling
Nama Kelompok: Evatul Janna Mansamaeka, Arini Nurlitasari, Unggul Wicaksono.
- Juara Ketiga
Judul Proposal: MAHAKERJA
Nama Kelompok: Bayu Pamungkas Wibisono, Umi Lutfiyah, Muhammad Fauzan.
Business Plan Competition merupakan kompetisi yang mempunyai tujuan untuk menjadi wadah bagi para peserta dalam mengembangkan ide atau rancangan bisnis yang kreatif dan inovatif.
Business Plan merupakan suatu dokumen tertulis yang mengembangkan secara sistematis suatu bisnis atau usaha yang diusulkan. Adapun beberapa kegunaan Business Plan yaitu sebagai berikut:
- Kegiatan penelitian (bisnis) yang akan dilaksanakan atau sedang berjalan tetap pada jalur yang direncanakan
- Pedoman untuk mempertajam rencana-rencana yang diharapkan.
- Alat untuk mencari dana dari pihak ketiga (investor, lembaga keuangan, dan lain sebagainya)
- Menumbuhkan motivasi mental berwirausaha di kalangan mahasiswa
- Membangun sikap mental wirausaha yakni percaya diri, sadar akan jati dirinya, bermotivasi untuk meraih suatu cita-cita, pantang menyerah, mampu bekerja keras, kreatif, inovatif, berani mengambil resiko dengan perhitungan, berperilaku pemimpin dan memiliki visi ke depan, tanggap terhadap saran dan kritik, memiliki kemampuan empati dan keterampilan sosial.
- Meningkatkan kecakapan dan keterampilan para mahasiswa khususnya sense of business.
- Menumbuhkembangkan wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi.
- Menciptakan unit bisnis baru yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
- Membangun jejaring bisnis antarpelaku bisnis, khususnya antara wirausaha pemula dan pengusaha yang sudah mapan.