Pada hari Jumat 20 Desember 2019 Komunitas Satu Jiwa melakukan kegiatan Study Tour (Kuliah Umum) ke Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Cilacap dengan tema “Peranan Dinas Kelautan Dan Perikanan Samudra Cilacap Dalam Pengelolaan Hasil Laut”. Acara ini di ikuti oleh satu dosen pembimbing yaitu ibu Fristy Ramadhona Amalia Lubis, S.E.,M.Ec.Dev dan 18 orang dari anggota KSJ itu sendiri. Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, peran serta berkomitmen dengan masyarakat terutama anak muda untuk melindungi sumberdaya laut dan dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dengan cara beperan dalam mengembangkan produksi perikanan. Mengajak partisipasi anak muda dan masyarakat, agar sejenak dini terlibat sebagai agen penggerak dalam melindungi sumberdaya laut. Melibatkan peran pemerintah, swasta, institusi akademik, lembaga swadaya   masyarakat, dan lembaga lainya untuk ikut serta menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi dari sektor perikanan.

Adapun kegiatan dalam perikanan ini yaitu,

  1. Pengelolaan sumberdaya ikan adalah semua upaya termasuk proses yang terintegrasi dalam pengumpulan informasi, analisis, perencanaan, konsultasi, pembuatan keputusan, alokasi sumberdaya ikan, dan implementasi serta penegakan hukum dari peraturan perundang-undangan di bidang perikanan, yang dilakukan oleh pemerintah atau otoritas lain yang diarahkan yang bertujuan agar sumberdaya ikan dapat dimanfaatkan secara optimal dan mencapai kelangsungan produktivitas sumberdaya hayati perairan yang terus menerus.
  2. Penangkapan ikan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh ikan di perairan yang tidak dalam keadaan dibudidayakan dengan alat atau cara apapun, termasuk kegiatan yang menggunakan kapal penangkapan ikan  untuk memuat, mengangkut, menyimpan, mendinginkan, mengolah, atau mengawetkannya. Usaha perikanan yang bekerja di bidang penangkapan tercakup dalam kegiatan perikanan tangkap (wild fishery).
  3. Pembudidayaan ikan adalah kegiatan untuk memelihara, membesarkan dan/atau membiakkan ikan, dan memanen hasilnya dalam lingkungan yang terkontrol. Usaha perikanan yang berupa produksi hasil perikanan melalui budi daya dikenal sebagai perikanan budi daya atau budi daya perairan (aquaculture).

Setelah acara kunjungan selesai, anggota Komunitas Satu Jiwa (KSJ) melanjutkan perjalanan menuju pantai Lampon, Kebumen. Pantai yang berada diantara Pantai Pasir dan Tanjung Karang Penganten, yang dikelilingi oleh pepohonan hijau berundak hingga ke bagian puncak yang menambah semakin asri pantai ini. Serta terdapat pohon kelapa yang bisa menjadi tempat yang nyaman untuk mencari ketenangan dari keramaian. Tujuan kita ke pantai Lampon yaitu camping di alam terbuka dan makrab untuk mempererat silahturahmi, meningkatkan kekompakan antar anggota, saling mengenal satu sama lain, menyegarkan pikiran/refreshing, mengenal dan melestarikan alam serta menikmati indahnya alam sekitar.