Esai adalah sebuah karangan atau tulisan yang membahas masalah sepintas dari sudut pandang pribadi penulis. Dari pemahaman ini, kita dapat menyimpulkan bahwa esai adalah tulisan yang mengandung pendapat dan bersifat subjektif atau argumentatif. Pandangan pribadi ini harus logis dan dipahami dengan baik. Tidak hanya itu, argumen yang disajikan dalam esai harus didukung oleh fakta, sehingga esai tidak menjadi tulisan fiktif atau imajinasi belaka dari si penulis. Tujuan penulisan esai adalah untuk membuat orang percaya pada sudut pandang penulis tentang suatu masalah. Karena itu, harus ada data atau fakta yang mendukung.

            Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Program Studi  Ekonomi Pembangunan mengadakan suatu kegiatan yang berfungsi sebagai pengembangan dari program pembangunan yang berkelanjutan melalui kegiatan Pelatihan Esai yang bertema “Menuangkan Gagasan Melalui Tulisan” hal ini merupakan upaya melatih gagasan yang inovatif dan aplikatif terhadap kondisi pendidikan serta mewujudkan suasana komunikatif  dari sisi akademik melalui penggalian ide, peningkatan kreativitas, kemampuan berkomunikasi secara kritis dan aspiratif. Sehingga mampu menuangkan gagasan kritis dalam karya sastra dan karya ilmiah sebagai bentuk kepedulian terhadap permasalahan bangsa agar dapat menjadi insprasi dan motivasi bagi semua elemen.

              Kegiatan pelatihan esai yang diadakan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan diadakan pada Minggu, 8 Desember 2019. Pelatihan esai ini diikuti peserta sebanyak 50 orang dari Mahasiswa Ekonomi Pembangunan dimulai pukul 08.00 sampai 11.30 WIB. Pemateri kegiatan pelatihan esai yaitu Ibu Wulan Arum Sari, M. Pd. dan Desty Restia Rahmawati (Mawapres UAD).

Tujuan dengan diadakan pelatihan penulisan esai diharapkan nantinya mahasiswa mahasiswi Program Studi Ekonomi Pembangunan dapat mengikuti berbagai kegiatan seperti penulisan Karya Ilmiah, PKM, penulisan Skripsi dll. Selain itu pelatihan penulisan esai ini juga bermanfaat untuk menuangkan ide kreatif sebagai respon intelektual atas persoalan aktual yang dihadapi dilingkungan sekitar. Sehingga dalam kegiatan ini dapat menumbuhkan minat dan bakat menulis di kalangan mahasiswa.

            Di samping manfaat-manfaat di atas, pelatihan esai juga dapat memudahkan mahasiswa dalam memecah kanpersoalan tugas kuliah. Hal ini juga dapat menyadarkan mahasiswa dalam pentingnya arti pelatihan penulisan esai yang sesungguh nya karena sangat berguna bagi proses belajar-mengajar selama perkuliahan. Tak hanya itu, pelatihan penulisan esai yang diadakan oleh HMPS EP juga sebagai wadah dalam memberikan yang terbaik bagi peningkatan kemampuan mahasiswa tidak hanya berkaitan langsung dengan substansi perkuliahan, tetapi juga Soft Skills yang mendukung masa perkuliahan.